Sabtu, 19 Maret 2011

Awan Gulungan (Roll Cloud) Yang Indah Sekaligus Menyeramkan Di Langit Australia

Seorang fotografer pernikahan asal Warrnambool, Victoria, Australia berhasil mengabadikan fenomena alam luar biasa indah sekaligus menyeramkan. Rob Sharrock menggunakan Nikon D300 untuk mempotret gulungan awan yang mengerikan ini.

Awan Gulungan (roll cloud) adalah subtipe awan arcus - berbentuk seperti sebuah tabung horizontal memanjang. subtipe dari arcus lainnya adalah awan landas (shelf clouds), yang juga sering muncul mendahului badai.
Awan ini kadang-kadang membentuk gelombang udara dingin. Aliran udara dari badai dapat menyebabkan udara lembab yang hangat naik ke atas, kemudian menjadi dingin di bawah titik embun  sehingga membentuk awan.

Ketika ini terjadi secara merata sepanjang aliran udara maka awan roll bisa terbentuk.

"Aku tidak percaya keberuntungan saya dalam mendapatkan sesuatu seperti ini tepat di luar rumah sendiri." Ujar Sharrock.

'"Aku melihat di langit dan berkata" Astaga, apa itu? Ini benar-benar luar biasa."

Awan gulungan pernah muncul juga di Selat Inggris, Pulau Shetland, Rusia Timur, daerah maritim lain di Australia, di lepas pantai Laut Cortez di Meksiko, Uruguay, Nova Scotia dan teluk dos Campos Goytacazes di Brasil.

Salah satu awan gulungan yang paling terkenal adalah awan Morning Glory di Queensland, Australia. Salah satu yang membuat awan Morning Glory adalah sirkulasi angin laut yang mengembang sampai ke semenanjung Cape York dan Teluk Carpentaria.
Awan Gulungan (roll cloud)
Awan gulungan di Warrnambool, Victoria, Australia
Awan Gulungan (roll cloud)
Awan Gulungan di atas Pantai Las Olas di Maldonado, Uruguay
Awan Gulungan (roll cloud)
Penampakan Awan Gulungan di atas ladang di Albania
Awan Gulungan (roll cloud)
Awan Gulungan (roll cloud) di Jerman
Awan Gulungan (roll cloud)
Awan Gulungan Morning Glory yang terkenal di Australia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar